Ini Dia Prompt Modul Ajar Deep Learning Berbasis AI!

Bapak/Ibu Guru yang terhormat, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan prompt untuk membuat modul ajar deep learning yang berbasis AI (Artificial Intellegence). Penggunaan prompt ini bisa diaplikasikan di Chat Gpt, Canva magic write, deepseek dan lain sebagainya. Sekilas tentang Deep learning, menurut mendikdasmen Abdul Mu'ti bahwasanya dengan pendekatan deep learning pelajar diharapkan untuk mampu membentuk pribadi yang mandiri, inovatif, dan berdaya saing di global. Karena pendidikan bukan hanya menghafal suatu materi, namun pendidikan dapat membimbing siswa untuk bisa menerapkan pengetahuan ke dalam kehidupannya. Sebagai pemberithauan Bapak/Ibu untuk merubah atau menyesuaikan di dalam kurung untuk merubahnya. Berikut adalah Prompt untuk membuat modul ajar deep learning pakai AI :



1.            Kata Pengantar Modul

Saya ingin membuat kata pengantar untuk modul ajar (MAPEL)  kelas (KELAS BERAPA) dengan topik (TOPIK/ MATERI). Modul ini ditujukan untuk guru dan siswa. Buat dalam bentuk narasi yang mengajak, seperti guru yang menyambut muridnya. Tulisan harus menggambarkan tujuan pembelajaran berbasis deep learning, joyful learning. dan meaningful learning. Sampaikan harapan bahwa siswa akan belajar aktif dan guru akan berperan sebagai fasilitator. Gunakan nada hangat dan reflektif. Panjangnya sekitar 1,5 halaman A4.

 

2.            Informasi Umum Modul

Tolong buatkan bagian Informasi Umum Modul untuk bahan ajar (MAPEL APA?) kelas (KELAS DAN JENJANG BERAPA?) dengan topik (TOPIK ATAU MATERI APA?). Masukkan elemen: jenjang pendidikan, nama mapel, topik, kelas, jumlah pertemuan, alokasi waktu, keterkaitan dengan Profil Pelajar Pancasila, serta prasyarat pengetahuan siswa. Gunakan format tabel agar rapi dan mudah dibaca.

 

3.            Capaian Dan Tujuan Pembelajaran

Tolong buatkan bagian capaian dan tujuan pembelajaran untuk modul ajar pembelajaran (MAPEL, KELAS BERAPA DAN JENJANG ) dengan topik (TOPIK ATAU MATERI)  mengunakkan prinsip modul ajar deep learning.

 

4.            Pendahuluan Kontekstual

Buatkan Pendahuluan Kontekstual untuk topik (MATERI APA) pelajaran (JENJANG DAN KELAS) dalam bentuk narasi yang dapat mengajak siswa agar tertarik belajar dan mudah dimengerti oleh siswa SMP serta narasi tersebut dihubungkan dengan kehidupan sehari hari.

 

5.            Aktivitas Pembelajaran

Rancang dua aktivitas pembelajaran untuk topik (MATERI APA/BAB BERAPA DAN KELAS BERAPA) yang menerapkan prinsip joyful learning dan deep learning. Aktivitas pertama berbasis (TENTUKAN AKTIVITAS  SESUAI KEINGINAN GURU ex. Observasi, studi kasus dsb). Aktivitas kedua berupa permainan edukatif (PERMAINAN EDUKATIF TENTUKAN SESUAI KEINGINAN GURU). Sertakan tujuan setiap aktivitas, langkah-langkah kerja siswa, bahan yang diperlukan, dan hasil akhir (poster atau infografis klasifikasi dsb disesuaikan keiginan guru). Tambahkan instruksi untuk guru dan catatan refleksi untuk siswa.

6.            Materi Ajar

Tulis materi ajar tentang (MATERI YANG DIBAHAS) dalam bentuk narasi pendek yang mudah dimengerti oleh siswa (JENJANG SEKOLAH). Jangan hanya menjelaskan definisi, tetapi gunakan analogi yang dekat dengan mereka (tambahkan analogi sesuaikan keinginan dan ide guru), Sertakan juga pertanyaan pemantik,  Buat siswa merasa terlibat dan ingin tahu lebih dalam.

 

7.            Soal HOTS

Susun 5 soal HOTS untuk topik (MATERI YANG DIBAHAS dan KELAS BESERTA JENJANG), masing-masing mewakili keterampilan analisis, evaluasi, dan kreasi. Tambahkan juga pertanyaan refleksi untuk siswa, misalnya: "Apa hal paling mengejutkan yang kamu pelajari?", "Apa tantanganmu selama mempelajari topik ini?". Tulis soal dengan konteks kehidupan nyata atau situasi imajiner agar menarik.

 

8.            Tugas Akhir

Buatkan tugas akhir untuk (TOPIK/ MATERI) dalam Membuat (TUGAS DALAM BENTUK APA) Berikan petunjuk jelas tentang format karya, boleh dalam bentuk poster, presentasi, atau video. Tambahkan panduan pengumpulan dan kriteria keberhasilan.

 

9.            Rubrik Penilian

Buatkan rubrik penilaian untuk (TUGAS YANG DIKERJAKAN/ TUGAS AKHIR). Kriteria: akurasi klasifikasi, kreativitas presentasi, kerapian, kolaborasi tim, dan kemampuan menjelaskan. Gunakan skala 1-4 (perlu perbaikan sangat baik). Setiap skor harus memiliki deskripsi yang jelas dan terukur agar guru dapat melakukan penilaian yang adil. 


Itulah Prompt untuk modul ajar deep learning, semoga bermanfaat terimakasih.



Post a Comment

0 Comments