Bapak/Ibu
Guru yang terhormat, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan prompt untuk
membuat modul ajar deep learning yang berbasis AI (Artificial Intellegence).
Penggunaan prompt ini bisa diaplikasikan di Chat Gpt, Canva magic write,
deepseek dan lain sebagainya. Sekilas tentang Deep learning, menurut
mendikdasmen Abdul Mu'ti bahwasanya dengan pendekatan deep learning pelajar
diharapkan untuk mampu membentuk pribadi yang mandiri, inovatif, dan berdaya
saing di global. Karena pendidikan bukan hanya menghafal suatu materi, namun
pendidikan dapat membimbing siswa untuk bisa menerapkan pengetahuan ke dalam
kehidupannya. Sebagai pemberithauan Bapak/Ibu untuk merubah atau menyesuaikan di dalam kurung untuk merubahnya. Berikut adalah Prompt untuk membuat modul ajar deep learning
pakai AI :
1.
Kata Pengantar Modul
Saya
ingin membuat kata pengantar untuk modul ajar (MAPEL) kelas (KELAS BERAPA) dengan topik (TOPIK/
MATERI). Modul ini ditujukan untuk guru dan siswa. Buat dalam bentuk narasi
yang mengajak, seperti guru yang menyambut muridnya. Tulisan harus menggambarkan
tujuan pembelajaran berbasis deep learning, joyful learning. dan meaningful
learning. Sampaikan harapan bahwa siswa akan belajar aktif dan guru akan
berperan sebagai fasilitator. Gunakan nada hangat dan reflektif. Panjangnya
sekitar 1,5 halaman A4.
2.
Informasi Umum Modul
Tolong buatkan bagian Informasi Umum Modul untuk bahan ajar
(MAPEL APA?) kelas (KELAS DAN JENJANG BERAPA?) dengan topik (TOPIK ATAU MATERI
APA?). Masukkan elemen: jenjang pendidikan, nama mapel, topik, kelas, jumlah
pertemuan, alokasi waktu, keterkaitan dengan Profil Pelajar Pancasila, serta
prasyarat pengetahuan siswa. Gunakan format tabel agar rapi dan mudah dibaca.
3.
Capaian Dan Tujuan Pembelajaran
Tolong buatkan bagian capaian dan tujuan pembelajaran untuk
modul ajar pembelajaran (MAPEL, KELAS BERAPA DAN JENJANG ) dengan topik (TOPIK
ATAU MATERI) mengunakkan prinsip modul
ajar deep learning.
4.
Pendahuluan Kontekstual
Buatkan Pendahuluan Kontekstual untuk topik (MATERI APA)
pelajaran (JENJANG DAN KELAS) dalam bentuk narasi yang dapat mengajak siswa
agar tertarik belajar dan mudah dimengerti oleh siswa SMP serta narasi tersebut
dihubungkan dengan kehidupan sehari hari.
5.
Aktivitas Pembelajaran
Rancang
dua aktivitas pembelajaran untuk topik (MATERI APA/BAB BERAPA DAN KELAS BERAPA)
yang menerapkan prinsip joyful learning dan deep learning. Aktivitas pertama
berbasis (TENTUKAN AKTIVITAS SESUAI
KEINGINAN GURU ex. Observasi, studi kasus dsb). Aktivitas kedua berupa
permainan edukatif (PERMAINAN EDUKATIF TENTUKAN SESUAI KEINGINAN GURU).
Sertakan tujuan setiap aktivitas, langkah-langkah kerja siswa, bahan yang
diperlukan, dan hasil akhir (poster atau infografis klasifikasi dsb disesuaikan
keiginan guru). Tambahkan instruksi untuk guru dan catatan refleksi untuk
siswa.
6.
Materi
Ajar
Tulis
materi ajar tentang (MATERI YANG DIBAHAS) dalam bentuk narasi pendek yang mudah
dimengerti oleh siswa (JENJANG SEKOLAH). Jangan hanya menjelaskan definisi,
tetapi gunakan analogi yang dekat dengan mereka (tambahkan analogi sesuaikan
keinginan dan ide guru), Sertakan juga pertanyaan pemantik, Buat siswa merasa terlibat dan ingin tahu
lebih dalam.
7.
Soal HOTS
Susun 5 soal HOTS untuk topik (MATERI YANG DIBAHAS dan
KELAS BESERTA JENJANG), masing-masing mewakili keterampilan analisis, evaluasi,
dan kreasi. Tambahkan juga pertanyaan refleksi untuk siswa, misalnya: "Apa
hal paling mengejutkan yang kamu pelajari?", "Apa tantanganmu selama
mempelajari topik ini?". Tulis soal dengan konteks kehidupan nyata atau
situasi imajiner agar menarik.
8.
Tugas Akhir
Buatkan tugas akhir untuk (TOPIK/ MATERI) dalam Membuat (TUGAS
DALAM BENTUK APA) Berikan petunjuk jelas tentang format karya, boleh dalam
bentuk poster, presentasi, atau video. Tambahkan panduan pengumpulan dan
kriteria keberhasilan.
9.
Rubrik Penilian
Buatkan rubrik penilaian untuk (TUGAS YANG DIKERJAKAN/
TUGAS AKHIR). Kriteria: akurasi klasifikasi, kreativitas presentasi, kerapian,
kolaborasi tim, dan kemampuan menjelaskan. Gunakan skala 1-4 (perlu perbaikan
sangat baik). Setiap skor harus memiliki deskripsi yang jelas dan terukur agar
guru dapat melakukan penilaian yang adil.
Itulah Prompt untuk modul ajar deep learning, semoga bermanfaat terimakasih.

0 Comments