Bagi para pecinta olahraga balap
motor pasti tidak asing dengan MotoGP dan Formula 1. Yup, kedua olahraga
tersebut adalah olahraga balap motor yang paling terkenal sejagat raya.
MotoGP terkenal dengan kuda besinya
yang bisa melaju dengan kecepatan tinggi dan Formula 1 yang dijuluki dengan jet
darat karena kecepatan yang tinggi dan aerodinamika seperti pesawat.
Namun, kali ini kami akan membahas
tentang perubahan jumlah penggemar kedua olahraga tersebut selama 1 dekade
kebelakang ini.
Dimulai dari Formula 1 yang memang sudah banyak peminat beberapa puluh tahun yang lalu terutama di era senna dan Schumacher yang menjadi persaingan formula 1 semakin seru dan banyak peminat.
Berkembangnya media social beberapa
tahun yang lalu tentunya bisa menjadi sebuah alat promosi demi kemajuan dan
menarik fans. Sayangnya setelah Schumacher pensiun dan setelah era hybrid yang
didominasi oleh Mercedes dan hamiltonnya fans Formula 1 seakan – akan berkurang.
Lalu MotoGP, juga memiliki penggemar
yang cukup banyak terutama di era Mick doohan dan Valentino Rossi, terlebih
Valentino Rossi adalah daya Tarik bagi MotoGP seperti hal nya Michael Schumacher
di F1.
Perubahan jumlah penggemar dirasakan
dalam 5 tahun kebelakang, kita lihat perbandingan Subscriber di channel youtube
mereka pada tahun 2015 sempat sama, namun karena efek pertarungan antara 2
movistar Yamaha akhirnya MotoGP mempunyai 1 juta subscriber karena memang
mereka sering mengupload update video.
Berbeda dengan F1 yang jarang
mengupload dan mengupdate channel mereka hingga akhirnya mereka sempat kalah
dari MotoGP. Waktu demi waktu berselang F1 berpindah kepemilikan dari Bernie eclestone
ke liberty media sejak 2017 lalu.
Dengan sering mengupload dan mengupdate
video seperti race highlights, on board action dan radio highlights dengan view
yang unik akhirnya jumlah penggemar mereka di youtube bertambah dan bahkan pada
akhir 2018 jumlah subscriber mereka mengalahkan MotoGP dengan 4 juta
subscribernya, sedangkan MotoGP masih di angka 3,8 juta subscriber.
Dan juga platform lainya seperti Instagram
mereka juga mengalahkan MotoGP dan sampai saat ini Follower F1 di Instagram mencapai
15,6 juta dan MotoGP dengan 11,9 juta.
Tentunya ini adalah efek dari
strategi marketing liberty media yang lebih menarik dan memang gencar dalam hal
memasarkan konten mereka ketimbang Dorna sports yang rada kurang dalam strategi
marketing mereka.
Dengan serial Drive to survive yang
tayang di Netflix merupakan salah satu factor yang bisa menggaet fans F1. Namun,
MotoGP juga ikutan lho, mereka menanggapi masukan dari penggemar bahwa ingin
sekali membuat serial layaknya DTS dan akhirnya terkabul.
Serial MotoGP tersebut akan tayang di amazon prime pada tahun 2022 nanti. Dan juga Dorna berharap dengan adanya serial ini bisa menggaet penggemar baru MotoGP.
0 Comments